Jumat, 16 September 2011

Membuat PDF dengan Library FPDF di CodeIgniter

Teman-teman, kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian cara membuat PDF dengan library FPDF di CodeIgniter. karena begitu sulitnya saya dapat tutorial tentang membuat PDF ini maka saya akan membagikannya untuk teman-teman semuanya.
Pertama, kita butuh fpdf class yang dapat kita download secara gratis di http://www.fpdf.org/en/download.php.. Isi dari download ada beberapa file dan folder  yang akan kita gunakan, ialah :
a.       Folder Font
b.      File fpdf.php
c.       File fpdf.css
Dan dapatkan juga manual fpdf nya  lalu download manual fpdf disini. Setelah teman-teman download  file fpdf nya dan  teman-teman ekstrak file tersebut dan copy seluruh isinya dan pindahkan ke ci_pdf/application/libraries/. Seperti gambar dibawah ini :
Kedua, Mari kita Ngoding...Cekidot!!! 
Dalam CodeIgniter, ada 3 folder yang perlu kita perhatikan, yaitu Controller, Model, dan  View. Disini kita tidak bahas apa itu CI atau manualnya. Seterusnya kita buat file di Folder Controller yaitu testpdf.php dengan isi filenya sebagai berikut :

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');
class Testpdf extends CI_Controller {
function__construct(){
parent::__construct();
$this->load->library('fpdf');
  }
function index(){
$this->fpdf->FPDF('P','cm','A4');
$this->fpdf->AddPage();
$this->fpdf->Ln();
$this->fpdf->setFont('Arial','B',9);
$this->fpdf->Text(6,1,'Hello World ...');
$this->fpdf->Output(); 
}
}
?>


Perlu diingat disini saya memakai CodeIgniter 2.0.0. Jadi ada perbedaan dalam bentuk penulisan Construktornya pada versi dibawah CodeIgniter 2.0.0. 
Setelah itu coba http://localhost/ci_pdf/ dan hasilnya seperti dibawah ini :



Oke teman-teman membuat PDF dengan library FPDF  di CodeIgniter  telah selesai, Selamat Mencoba. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa tinggalkan Komentar ya...!

4 komentar:

  1. wah... keren banget gan.. singkat padat jelas berisi.. sample nya dicoba jalan... manteb d... buat yg mau belajar codeigniter n pdf... makasih bnyak ya gan... ilmunya sangat bermanfaat.........

    BalasHapus
  2. Waahh,,, maaf2 ane baru buka blog nie gan.
    Syukur deh kalau bermanfaat tulisan ane.
    silahkan buka2 tulisan ane yang lain ya gan.

    BalasHapus
  3. mas source codex mas... klo hanya gitu masih bingung mam... di CI kan ada folder View, controller dan model..
    terus codingx itu mo taruh dimanax.. terimakasih..

    BalasHapus
  4. sebenarnya untuk coding diatas, ane mempermudahnya dengan membuat 1 file saja di controler dan tidak memakai view dan model.

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html