Selasa, 20 September 2011

Skill TI yang paling dibutuhkan tahun 2011


Perkembangan teknologi informasi sudah merambah diberbagai aspek kehidupan di Indonesia. Kebutuhan akan tenaga IT juga sangat besar. Menurut Collettberdasarkan survei yang dilakukan bersadarkan gaji dan kebutuhan skill IT yang sangat di butuhkan adalah

1. Programming dan Application Development

Sekitar 47% dari responden berancana untuk meng-hire IT professionals dibidang programming atau application development. Bagi anda yang berencana untuk mempelajari IT (atau sedang) maka bidang ini menjadi salah satu porsi terbesar. Adapun skillset yang dapat kita kuasai adalah dibidangf .NET, Java, mySQL, PHP, Silverlight, Ruby, Phyton dan lain-lain.

2. Project Management

Orang-orang dengan keahlian managemen project menempati posisi kedua. Sebanyak 43% responden berencana akan menghire orang-orang ini. Project manajer bertugas untuk mengatur project agar tepat waktu, budget dan kualitas.Perusahaan IT butuh orang-orang kompeten untuk menjalankan proyek mereka. Akan lebih baik lagi jika kita telah memiliki sertifikasi internasional dibidang project management.

3. Help Desk/Technical Support

Perkembangan IT untuk mendukung bisnis perusahaan sangatlah cepat, supaya tidak tertinggal mereka harus menciptakan terobosan atau inovasi baru. Menurut Microsoft hanya 20% dari pelanggan mereka yang berpindah ke Windows 7. Artinya akan ada migrasi besar-besaran pada tahun ini. Apalagi pada teknologi memakai moto “INOVASI TIADA HENTI”, jadi tenaga helpdesk dan technical support akan selalu menjadi perhatian perusahan dapat selalu mengikuti inovasi.

4. Networking

Keahliahn Networking mendapat respon sebesar 38% . Networking atau jaringan jelas merupakan perangkat wajib di perusahaan. Dengan keberadaannya, perusahaan dapat meningkatkan kinerja serta efisiensi. Karena perannya sangat vital, maka perusahaan membutuhkan tenaga di bidang networking yang memadai untuk menjembatani aktivitas perusahaan.
Menurut Willmer, networking sangat dekat dengan virtualisasi, mencari orang yang mempunya skill lengkap dibidang tersebut sangatlah sulit.

5. Ahli Security

Sekuriti bukan berati satpam. Sekuriti merupakan satu-satunya bidang keahlian bersertifikat IT yang tidak pernah mengalami penurunan meskipun dalam masa resesi. Tingginya permintaan untuk kemampuan yang satu ini didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi regulasi dan banyaknya konsumen yang meminta tools dengan fitur-fitur security built-in. Kemampuan security yang layak disimak termasuk keahlian dalam manajemen identitas dan akses, penilaian ancaman dan kerentanan, enkripsi, menghindari kehilangan data, analisa insiden, audit, biometrik, penyaringan konten web, keamaan sistem voice-over-IP, dan dukungan e-discovery untuk proses pengadilan.

6. Data Center

Responden survey Computerworld menjawab akan mempekerjakan 21% ahli it yang memiliki skill data center, terutama pengalaman dibidang storage. Storage alias ruang penyimpanan menjadi semakin penting seiring beralihnya kita ke network-attach storage (dan storage area-network). Mengapa hal ini penting? Karena orang yang bergelut dibidang storage harus mampu berfikir strategis, apakah kita telah menempatkan hal yang benar di tempat yang benar, dan mengeluarkan dana yang tepat untuk urusan maintenance, back-up data dan keamanan.

7. Web 2.0

Web 2.0 sudah di depan mata dan selalu menjadi trend dimasyarakan (ex facebook, twitter dll). Responden survey Computerworld menjawab akan mempekerjakan 17% ahli it yang memiliki skill web2.0. Seiring dengan berkembangnya web-base application serta makin tingginya fungsionalitas perangkat mobile, maka dibutuhkan juga kemampuan web yang mumpuni. Sebut saja keahlian di bidang Adobe Flex, JavaScript, Adobe Flash, AJAX, dan JavaScript Object Notation.

8. Telekomunikasi

Setiap perusahaan pasti mendambakan kemudahan berkomunikasi untuk mendukung kinerja perusahaan, komunikasi yang efisien namun efktif sangat dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan orang yang mampu mendesain infrastruktur dan mengintegrasikan berbagai tool komunikasi, termasuk instant messaging, telepon IP dan remote access.

9. Bussiness Intelegence

Data yang terus bertambah banyak dan departemen IT yang harus mencari cara untuk turut berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan membuat kemampuan bussiness intelegence menjadi kebutuhan penting. Staff pada perusahaan harus dapat menginput data dengan sangat baik serta dapat mempresentasikan data tersebut menjadi informasi yang berguna.

10. Collaboration Architecture

Hampir setiap perusahaan memiliki kolaborasi dengan satu atau lebih perusahaan lain. Oleh karena itu perusahaan mencari cara untuk membantu menignkatkan pengalaman end-user dengan memahami bagaimana hal-hal seperti portal, web, dan audio dapat berintegrasi supaya dapat memiliki berkolaborasi yang lebih baik antar perusahaan. Meskipun sebagian tool kolaborasi telah tersedia dari operator, namun perusahaan tetap memerlukan pegawai yang dapat mengelola vendor-vendor tersebut dan memahami teknologi.

11. Ketajaman Bisnis dan Komunikasi

Kemampuan ini tidak akan menjadi profesi yang spesifik, tetapi banyak perusahaan yang mencari staff IT yang mengerti bisnis dan dapat mengkomunikasikan konsep teknis kepada unit-unit bisnis dan pelanggan, serta mampu bicara tentang masalah IT kepada orang-orang yang tidak mengerti komputer.
sumber : http://www.computerworld.com/s/article/351231/11_hot_skills_for_2011?taxonomyId=14&pageNumber=1 dan http://www.koder.web.id/umum/skill-ti-yang-paling-dibutuhkan-tahun-2011/

0 comments:

Poskan Komentar